MALANG - Hi, sobat Portalbiker. Bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu yaa..
Pada kali ini, alhamdulillah Puji Syukur saya berkesempatan me-review dan mencoba salah satu motor sport kelas 250cc, yaitu Yamaha YZF-R25. Pada hari Minggu kemarin, saya bertemu dengan tetangga saya yang kebetulan memiliki motor sport pabrikan Garputala ini, karena saya penasaran, saya pun bertanya apakah boleh dicoba? Dan jawabannya sungguh memuaskan yaitu boleh :D
Setelah mencoba, tentunya saya tidak hanya mencoba saja, namun mengimpresi motor ini dan berencana akan mengulasnya di blog saya. Berikut ulasan motor ini menurut saya :
Desain
Secara desain, relatif yah guys, tapi menurut saya, Yamaha R25 ini memiliki desain yang cukup gahar di kelasnya, dengan model lampu predator, dan model fairing ala-ala Yamaha YZF-R1.
Modelnya menurut saya kurang eyecatching, karena memang desainnya yang begitu sederhana menurut saya, tapi keren sih hehehe...
Sekali lagi untuk masalah desain saya nggak komentar banyak karena masalah desain itu selera kita masing-masing.
Fitur
Bicara soal fitur, Yamaha R25 ini memiliki fitur yang cukup lengkap di bagian instrumen cluster. Dia memiliki informasi yang cukup lengkap di speedometernya
Pada kali ini, alhamdulillah Puji Syukur saya berkesempatan me-review dan mencoba salah satu motor sport kelas 250cc, yaitu Yamaha YZF-R25. Pada hari Minggu kemarin, saya bertemu dengan tetangga saya yang kebetulan memiliki motor sport pabrikan Garputala ini, karena saya penasaran, saya pun bertanya apakah boleh dicoba? Dan jawabannya sungguh memuaskan yaitu boleh :D
Setelah mencoba, tentunya saya tidak hanya mencoba saja, namun mengimpresi motor ini dan berencana akan mengulasnya di blog saya. Berikut ulasan motor ini menurut saya :
Yamaha YZF-R25 (doc. Portalbiker)
Desain
Secara desain, relatif yah guys, tapi menurut saya, Yamaha R25 ini memiliki desain yang cukup gahar di kelasnya, dengan model lampu predator, dan model fairing ala-ala Yamaha YZF-R1.
Tampak samping Yamaha YZF-R25 (doc. Portalbiker)
Tampak Belakang Yamaha R25 +
Salah satu rekan saya sedang menjajal motornya (doc. Portalbiker)
Sekali lagi untuk masalah desain saya nggak komentar banyak karena masalah desain itu selera kita masing-masing.
Fitur
Bicara soal fitur, Yamaha R25 ini memiliki fitur yang cukup lengkap di bagian instrumen cluster. Dia memiliki informasi yang cukup lengkap di speedometernya
Speedometer Yamaha R25 (doc. otomotifnet)
Didalamnya ada RPM, indikator bensin, jam, suhu bensin, gear indikator, speedometer dan MID (Multi Information Display) yang terdiri dari Odometer, Trip A, Trip B, Fuel Consumption dan Average Fuel Consumption.
Spesifikasi
Mesin : 250cc 2cyl, 8 valve DOHC
Power : 36 PS @ 12.000 rpm
Torsi : 22,6 Nm @ 10.000 rpm
Kompresi : 11,6 : 1
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Sasis : Diamond
Ban Depan : 110/70-17 M/C
Ban Belakang : 140/70-17 M/C
First Impression
1. Riding Position / Ergonomi
Bicara soal motor fairing, pasti tidak akan luput dengan Riding Position. Yamaha R25 ini memiliki riding position yang tergolong santai, tidak terlalu agresif, jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin naik ke kelas 250cc.
Yamaha YZF-R25 (doc. Portalbiker)
Btw tinggi saya 175cm dan berat badan 85kg, menggunakan motor ini saya tidak jinjit sama sekali, saya bisa menapak sempurna bahkan sampe menekuk lutut saya
2. Mesin & Tenaga
Ketika saya mencoba motor ini, pastinya ada nafsu untuk menggeber motor ini, saya mencoba menggeber motor ini, power dan torsinya baru didapat di atas 7.000 rpm. Njambak banget masbro!, ditambah dengan suara khas 2 silinder yang sangat enak didengar di telinga sehingga menambah keinginan saya untuk semakin menggeber motor ini. Mungkin lebih keren lagi jika diganti knalpot aftermarket (berhubung motor yang Portalbiker coba ini masih full standard tanpa adanya modifikasi)
3. Handling
Masalah handling, motor R25 ini terbilang cukup easy to ride, karena handlingnya yang ringan, walaupun motor ini memiliki bobot -+165 kg, ketika motor ini dipacu, dibuat zig zag, meleak-leok kiri kanan tidak terasa berat motor ini, bahkan sangat mudah dikendalikan.
Untuk suspensi, yaa namanya juga motor sport, pasti keras, namun kerasnya suspensi membuat motor iki menjadi stabil sehingga mudah untuk dipacu
Harga
Untuk harga dari Yamaha YZF-R25 ini, motor ini dibanderol dengan harga Rp55.850.000 untuk versi striping/livery biasa. Rp56.450.000 untuk versi Movistar dan Tech 3. Sementara untuk versi ABS bisa dibanderol dengan harga Rp61.850.000.
PS : Harga tsb OTR Jakarta
Kelebihan
1. Memiliki power yang besar dengan harga yang terjangkau
2. Memiliki lampu depan dengan model yang agresif
3. Handling yang sangat ringan sehingga mudah dikendalikan
4. Kaki-kaki yang ringan dan kuat
Kekurangan
1. Model lampu sein yang masih mengadopsi Yamaha model lama (seperti Old Vixion dan Byson)
2. Sasis yang masih Diamond (tidak Deltabox seperti adik kakaknya)
3. Tidak adanya Shutter Key System seperti di motor 150cc kebawah (masih menjadi pernyataan kenapa semua motor 250cc tidak ada SKS nya?)
4. Tidak adanya grip belakang buat menggeser motor (hampir semua motor fairing sih)
5. Kabel kopling dan rem depan yang terlihat kurang rapi, namun tidak menghalangi pandangan ke speedometer
Sekian First Impression dari Portalbiker, kurang lebihnya saya mohon maaf karena saya hanya manusia biasa yang belajar tentang blogging.
Thanks
Mantap boss
BalasHapusMantap boss
BalasHapus